The first day of School

Posted on

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Ayah Bunda kelas 1..

SDII Al Abidin Surakarta
SDTQ Al Abidin Surakarta
SDICT Al Abidin Surakarta
SDII Al Abidin Boyolali

Alhamdulillah hari yang kita tunggu-tunggu telah tiba.
Besok anak-anak kita akan masuk pertama kali ke sekolah. Ananda dan Ayah bunda bersemangat kan?
Alhamdulillah..
Berikut kami sampaikan beberapa tips agar anak kita masuk ke sekolah pertama kali dengan nyaman .

1. Malam ini siapkan psikologis ananda dengan baik. Berikan pujian dukungan dan motivasi bahwa ananda sekarang sudah anak sekolah dasar. bukan TK lagi. Kuatkan bahwa Ayah Bunda semakin menyayangi anda dan bangga padanya. Jangan lupa sertakan peluk dan cium pada ananda untuk memberikan ketentraman pada hatinya. Usahakan segera tidur,maximal jam 21.00 agar ananda bisa bangun pagi.

2. Siapkan segala keperluan sekolah ananda pada malam ini dan perlihatkan pada ananda. Mulai dari tas , seragam, alat tulis, sepatu dan sebagainya. Pastikan ananda mengetahui folder isi tasnya untuk memudahkan ananda mencari yang diperlukan.

3. Pagi hari bangunkan ananda dengan kasih sayang dan motivasi , bahwa hari ini adalah hari pertamanya ke sekolah. Ajak ananda sholat subuh berjamaah dan berdoa agar besuk sekolah dengan gembira. Antarkan ananda langsung, yaitu orang tuanya. Jangan di titipkan kepada orang lain. Ini sangat penting untuk kenyamanan ananda di hari pertamanya.

4. Sampai di sekolah antarkan sesuai dengan tipe anak. Jika anak Sudah berani masuk sendiri, cukup antarkan sampai pintu gerbang karena pasti akan ada guru yang menyambutnya. Bila ananda belum siap masuk kelas sendiri antarka ananda sampai bertemu dengan gurunya. Kemudian ajak anak untuk salim perpisahan. Jangan lupa yakinkan jam berapa nanti Ananda dijemput.

5. Bagi ananda yang masih rewel dan belum berani masuk kelas sendiri , maka berikan waktu untuk anak menyesuaikan diri. Berkomunikasilah dengan wali kelas.
Yang perlu dihindari adalah :
– Jangan memaksa anak ditinggal padahal dia belum siap.
– jangan _nilapke_ anak, apalagi dengan berbohong, karena ini akan menyakitkan hati anak.
Luangkan waktu untuk ananda di hari pertamanya. Pastikan agar dia merasa nyaman untuk hari-hari berikutnya.
Di SD Al Abidin Ananda diberi waktu untuk bisa mandiri maksimal sampai 2 Pekan untuk ditunggui oleh orang tuanya. Manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya secara bertahap. Misalnya 2 hari pertama ananda ditunggui di dalam kelas. 3 hari berikutnya ananda ditunggu di depan kelas. 4 hari setelahnya Ananda ditunggu di gerbang sekolah dan sebagainya

6. Siang hari pada jam kepulangan, jemput ananda tepat waktu. Ini adalah hari pertamanya hari yang sangat berkesan. Jadi jangan sampai terlambat menjemputnya. Setelah bertemu ananda, sampaikan kembali pujian dan motivasi bahwa ananda hebat, sudah berani sekolah sendiri.

Demikian Ayah bunda tips mendampingi ananda di hari pertama.
Selamat datang di SD Al Abidin .
Selamat bergabung .
Kita bersama-sama berjuang mendidik anak-anak kita. Semoga anak-anak kita akan menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah ,penyejuk hati orang tuanya, investasi dunia akhirat kita. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Kepala Sekolah SDII Al Abidin Surakarta
Mrs Farida Nur Aini,Sos