Psikolog Terhebat

Posted on

🌷 Ayah Bunda , setiap anak mempunyai keunikan masing- masing. Masalah setiap anak berbeda. Karakternya berbeda, makanan kesukaan berbeda, sifatnya beda, jenis kecerdasannya berbeda. Dari keunikan ini menuntut orangtua terus belajar dan belajar. Setiap anak dihadapi dengan cara yang berbeda. Orangtua harus menyesuaikan sifat dan karakter anak. Bukan anak yang menyesuaikan dengan orangtuanya.
Semakin banyak anak maka ilmu orangtua harus banyak.
Makin bertambah usia anak maka ilmu orangtua harus makin tinggi.

🌷Ayah bunda, terkadang kita mengeluhkan :
– anakku susah di atur
– anakku sulit ditebak maunya
– anakku susah dinasehati
– anakku sulit diajak bicara
Lihat..semua fokus ke anak.
Bahwa anaklah yang bermasalah.
Bun.. apakah ada anak yang dilahirkan dengan masalah? Ndak kan?
Terus, mengapa besarnya jadi punya masalah? Karena dia merespon hasil didikan orang terdekatnya.
Ya, itu respon saja. Sumbernya? Dari orang di sekitarnya.
Maka bila kemudian ada yang mempertanyakan “bagaimana caranya agar anakku berubah?” Maka seharusnya pertanyaannya adalah ” Apa yang harus aku lakukan agar anakku berubah”.
Oke… Sampai di sini clear ya..?
Sehingga ketika anak kita bermasalah maka segeralah refleksi diri. “Apa kesalahanku dalam mendidiknya?”

🌷Allah swt tidak pernah salah dalam memberi amanah. Setiap amanah anak pasti orangtua sudah diberi paket berupa kemampuan orangtua mendidiknya. Jadi, setiap masalah anak pasti orangtua bisa mengatasinya.
Mungkin ada yang bilang, “Lha ternyata tidak semua masalah anak bisa diselesaikan orangtua. Ini gimana?” Bukan tidak bisa bun. Belum saja.
Orangtua belum menemukan cara terbaik untuk mengatasi masalah anak.
Pasti bisa kok. Berarti.. orangtua harus belajar dan belajar. Mencari rumus yang sebenarnya sudah Allah sediakan. Hanya butuh usaha dan perjuangan untuk menemukannya.

🌷Ayah bunda, yakinlah bahwa setiap masalah anak pasti bisa kita selesaikan. Allah swt sudah memberi dengan paket solusinya. Jadi, mari kita terus belajar menjadi orangtua yang baik. Evaluasi diri, perbaiki kesalahan kita, dan segera berubah. Jika kita merubah cara mendidik anak kita pasti anakpun akan berubah. Karena sebenarnya psikolog terhebat itu adalah kita. Yup.. Kitalah psikolog terhebat untuk anak kita.
Semangat ya, yah..bun.
Salam parenting.

Kepala Sekolah SDII Al Abidin Surakarta
Bunda Farida Nur’Aini