Cara cepat jadi orang tua asik!!!

Posted on

Cara cepat jadi orang tua asik bagaimana caranya? Yuk lihat postingan dibawah ini :

Ayah Bunda, materi kita saat ini yang ringan-ringan saja. Hidup ini penuh warna. Pelangi itu menjadi indah karena banyak warna. Nah, kita sebagai orang tua pun juga harus seperti pelangi yang mempunyai banyak warna. Ada saatnya kita serius. Ada saatnya kita santai. Ada saatnya kita marah. Ada saatnya kita tertawa bersama. Itulah keindahan di dalam rumah tangga. Saya pernah mengadakan penelitian kecil di sekolah saya tentang apa yang paling membahagiakan siswa. Untuk memudahkan jawaban saya memberikan opsi :
– mendapatkan hadiah
– berhasil menjadi juara
– jalan-jalan bersama keluarga
Dan ternyata hasilnya mengejutkan. 80% siswa menyatakan hal yang paling menggembirakan mereka adalah jalan-jalan bersama keluarga.
Ini di luar dugaan saya. Saya mengira mereka akan menjawab mendapatkan hadiah. Tapi ternyata tidak. Anak-anak jauh lebih berbahagia ketika berkumpul bersama keluarga. Ayah,ibu, kakak, adik berkumpul bersama makan bersama, jalan-jalan bersama, olahraga bersama dan kegiatan lain. Kebersamaan itulah yang membahagiakan mereka.
Mengapa mereka lebih memilih kebersamaan dengan keluarga? Karena pada saat itulah terjadi bonding, ikatan hati dari dalam tubuhnya keluar hormon endorfin, hormon kebahagiaan.

Sibuk? Tak ada orang yang bekerja yang tak sibuk. Demi keluarga, demi kebahagiaan anak ciptakan kebersamaan itu,bun. Lepaskan segala status dan gelar kita sama bersama mereka. Lebur dan bersikap seperti mereka. Jadi kita bener- bener seperti teman mereka.
Ngobrolin makanan, ngobrolin cowok di sekolahnya, ngobrolin binatang.
Apa ajalah.. yang ringan-ringan. Yang asik-asik..
Makan diluar juga jadi agenda yang asik buat keluarga.
Yang penting, simpan semua hape.
Tidak boleh ada yang pegang hape ketika berkumpul bersama keluarga.
Berbagi minuman antar kakak adik itu asik banget. Adik nyobain minuman kakak, kakak ngicipi makanan adik. Pokoknya minum bersama, makan bersama. Gak cuma orangnya yang bersama, berkumpul. Tapi juga makanan dan minuman yang dimeja buat bersama-sama. Wah..asik banget itu.
Berlagak saja seperti anak. Minta anak nyuapin bunda. Gantian, bunda nyuapin ayah. Asik kan?

Godaan itu meluruhkan hati.
Godain aja suami. Godain anak.
Bikin suasana rumah ceria dengan tawa canda keluarga. Ketika melihat anak sudah waktunya berhenti main hape, godain aja. Cium tiba-tiba dari belakang. Kalau belum respon, cium pipi satunya. Pasti anak respon. Tapi mesti respon dia sukalahh.. ” ahh..mama ini apa sih?”
Sasaran sudah merespon. Lancarkan godaan berikutnya. ” enakan main hape apa dicium mama?” Kalau anak menggoda dengan menjawab , ” enakan main hape” waktunya melancarkan godaan berikutnya. Jangan kalah sama anak ya bun.. 😀
Kalau sikap kita asik, anak pasti dekat dengan kita.

Ayah bunda, jika ayah jauh dengan anak, atau bunda merasa kurang dekat dengan anak maka segera ambil momen kebersamaan ini. Tertawa bersama, bercanda gembira adalah momen yang menguatkan jiwa.
Tetap semangat..!
Salam parenting

Tulisan dari Bunda Farida Nur’Aini (Kepala Sekolah SDII Al Abidin Surakarta)

Baca juga :

Waspada kecanduan gadget!

Jujur, jujur dan jujur