Marhaban Ya Ramadhan – Yuk, ajak anak berlatih puasa!

Posted on

Assalamu’alaikum sahabat Platinum! #InfoPlatinum

Marhaban Ya Ramadhan

Keluarga menjadi gerbang awal bagi anak untuk mendapatkan pelajaran berharga. Anak usia dini memang belum diwajibkan untuk berpuasa, tetapi sebagai orang tua tentu memiliki tanggung jawab untuk melatih anak berpuasa.

Melatih anak untuk berpuasa tentunya susah-susah gampang ya, sebelum melatih anak berpuasa ayah dan bunda sebaiknya memberikan pengertian terlebih dahulu, apa itu puasa dan kenapa harus dilakukan setiap tahunnya? Nah dalam hal ini, ayah bunda bisa memulai dengan menjelaskan bahwa puasa itu merupakan perintah Allah SWT yang ada dalam Rukun Islam jadi memang wajib dilaksanakan. Setelah itu apalagi yang harus dilakukan? Berikut empat tips melatih anak berpuasa..

  1. Beri Contoh

Mengajarkan anak berpuasa harus dimulai dengan contoh yang diberikan orangtua. Ketika orangtua tidak makan dan tidak minum, ananda otomatis akan penasaran, “Mengapa ayah dan bunda tidak makan dan minum?”sehingga anak akan penasaran dan ingin mencobanya sendiri. Nah, disitulah saatnya ayah, bunda merangkul anak untuk ikut berpuasa.

  1. Buat Perjanjian

H-1 sebelum anak berpuasa, buat perjanjian terlebih dahulu bahwa besok ia akan berpuasa sesuai dengan batas waktu yang ditentukan sesuai perjanjian. Semisal ananda baru boleh makan saat adzan dzuhur atau dengan sistem memundurkan waktu sarapannya. Biasanya anak sarapan jam 07.00, saat puasa dimundurkan menjadi jam 10.00 lalu boleh makan lagi jam 15.00.

  1. Jangan Memaksa

Jangan memaksa anak untuk berpuasa dan beri kelonggaran karena anak masih dalam masa pertumbuhan. Apabila sudah melakukan perjanjian puasa, lihat sejauh mana batasan fisik anak mampu berpuasa, jangan sampai anak menjadi sakit karena dipaksa untuk berpuasa.

  1. Beri Reward

Berikan reward atau pengharagaan pada anak jika ia berhasil melewati puasanya. Reward tidak harus berupa barang, bisa dengan pujian atau dengan menyiapkan makanan favorit anak saat berbuka puasa.

Nah ayah bunda, itu dia 4 tips melatih anak berpuasa. Semoga bermanfaat dan berhasil ya tipsnya!

Wassalamu’alaikum

sc : hellosehat ; id.asiaparent

Kunjungi TK Islam terbaik di Karanganyar :
Instagram: https://www.instagram.com/tkquranplatinum_alabidin/
Facebook: https://web.facebook.com/profile.php?id=100009696995088

INFO PENDAFTARAN TK ISLAM TERBAIK DI KARANGANYAR (TK QUR’AN PLATINUM AL ABIDIN) :
https://platinum.alabidin.sch.id/psb/

Sumber Berita