Keutamaan Menyegerakan berbuka

Posted on

Keutamaan Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka adalah sunnah Rasulullah dan jika umat Islami menyegerakan berbuka berarti mereka tetap di atas sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam dan manhaj Salafus Shalih, dengan izin Allah mereka tidak akan tersesat.

Selain itu, Imam Nawani dalam kitabnya Riyadhus Shalihin mengungkapkan jika kita ingin mendapatkan cinta dan ridha Allah SWT, maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

”Selama kita mau mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,” tulis Imam Nawawi dalam kitabnya.

Jika waktu Maghrib sudah tiba, umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa diperintahkan untuk segera berbuka. Ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Sahl bin Sa’ad RA.

Rasulullah SAW bersabda, ”Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.” Hadis riwayat Muttafaqun ‘alaih.

Menurut Imam Nawawi, mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, adalah cara untuk menjauhkan diri dari ajaran puasa yang berlebihan. Sebab, puasa yang begitu akan memberatkan diri sendiri.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda:

”Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ”HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.” (H.R. Muslim)

 

Selajutnya, beberapa amalan sunnah berbuka puasa sesuai tuntunan Islam dan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut :

-Berbuka dengan sesuatu yang manis seperti kurma, tamr atau seteguk air.

-Sebelum makan berbuka, bacalah doa sebelum makan atau pun ucapkanlah ‘bismillah’ agar tambah barokah ketika berbuka.

-Berdo’a secara umum ketika berbuka.

-Memberi makan orang yang buka puasa.

-Mendoakan orang yang memberi makan untuk berbuka.

-Minum dengan tiga nafas dan membaca ‘bismillah’.

-Berdoa sesudah makan.

egerakan berbuka saat berpuasa

Source link