Sejarah singkat, Hari Raya Qurban

Posted on

Assalamualaikum sahabat AL Abidin Boyolali, semoga selalu dalam keadaan sehat ya …

Teman teman, tau nggak sih kalau umat muslim di seluruh dunia saat ini tengah bersiap menyambut hari raya Idul Adha—yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, atau 70 hari setelah perayaan Idulfitri. Idul Adha sendiri sangat identik dengan penyembelihan hewan ternak. Itulah mengapa ia juga disebut dengan Hari Raya Qurban.

AL ABIDIN BOYOLALI- INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL

Selain berqurban, Idul Adha juga diiringi dengan puasa sunnah Arofah (9 Dzulhijjah) dan 3 hari Tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah) di mana umat muslim diharamkan berpuasa. Dasar disyariatkannya perintah berqurban sendiri tertuang dalam firman Allah SWT yang artinya:

“MAKA LAKSANAKANLAH SHOLAT KARENA TUHANMU, DAN BERQURBANLAH (SEBAGAI IBADAH UNTUK MENDEKATKAN DIRI KEPADA ALLAH).” – QS. AL-KAUTSAR: 2

Dalil tersebut pun diperkuat dengan hadis tentang qurban, yang artinya:

“SIAPA YANG MENDAPATI DIRINYA DALAM KEADAAN LAPANG, LALU IA TIDAK BERQURBAN, MAKA JANGANLAH IA MENDEKATI TEMPAT SALAT IED KAMI.” – HR. AHMAD DAN IBN MAJAH

Hari Raya Qurban juga tak lepas dari kisah mengharukan antara Nabi Ibrahim dengan Ismail. Suatu hari, Ibrahim bermimpi mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Ismail. Ini tentu keputusan yang sangat berat baginya, apalagi Ismail adalah anak yang sudah dinanti-nantikan kehadirannya selama belasan tahun.
“Ibrahim berkata: Hai anakkku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu? Ismail menjawab: Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (QS As-Saffat: 102)
Tepat ketika Nabi Ibrahim akan menggoreskan pisau tajam ke leher Ismail, Allah menggantikannya dengan seekor domba gemuk langsung dari surga. Peristiwa ini menjadi bukti betapa kecintaan dan ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah melebihi apa pun, bahkan cintanya kepada sang putra.
Nah, sekarang sudah tahu, kan, sejarah tentang disyariatkannya perintah berqurban? Apakah kamu tahu kalau setiap tahunnya Al Abidin selalu berkontribusi dalam kegiatan idul adha, tahun ini al abidin berkontribusi dengan 8 sapi dan 160an kambing dalam perayaan Qurban lho. Dimana hewan/daging qurban tersebut dibagikan ke sekian banyak daerah se Jawa Tengah dengan kategori warga sekitar, prioritas sedikit pequrban dan daerah yang minoritas muslim.

Kami atas nama Yayasan Al Abidin mengucapkan Jazakumullah khoiron kepada seluruh warga unit sekolah yang telah berpartisipasi untuk berqurban melalui Al Abidin.
Barakallahu lanaa

 

Created by: denty kurniawati S.Pd & team humas albi boyolali

BACA JUGA: Santriwati Pondok Pesantren Al Abidin  https://abbs.alabidin.sch.id/santriwati/

BACA JUGA: Keutamaan Membaca Al Qur-an https://tkii.alabidin.sch.id/keutamaan-membaca-al-quran/

BACA JUGA: Class Meeting seru, temukan bakatmu https://sdii.alabidin.sch.id/classmeeting-sdterbaikdisolo/

Sumber Berita