Nak, kenali mani, madzi dan wadzi

Posted on

(Gambar diambil dari Aku Sudah Baligh)

Ayah bunda, Allah sudah menciptakan kita dalam bentuk yang demikian sempurna.  Segala yang ada pada diri kita merupakan tanda-tanda kekuasaanNya. Begitu rumitnya tubuh kita sehingga kita sendiri tidak mampu menjangkau untuk mengetahui seluruh organ.  Inilah salah satu kekuasaan Allah yang perlu kita sampaikan kepada anak, bahwa betapa hebatnya Allah dalam ciptaanNya. Mulai dari proses pembentukan manusia, organ-organ tubuh manusia, sirkulasi dalam tubuh manusia sampai apa saja yang dikeluarkan dari tubuh dan bagaimana hukumnya .

Pada kali ini mari kita mengenalkan anak kita kepada tiga cairan yang keluar dari kemaluan.  Ini adalah termasuk pendidikan seks. Pendidikan yang harus kita berikan kepada anak kita agar anak semakin mengenal dirinya sendiri Terutama ketika sudah baligh.

Ayah bunda, ada 3 cairan yang.keluar dari kemaluan manusia. Laki- laki dan perempuan sama- sama mengeluarkan dalam kadar yang berbeda.
Mari kita pelajari apa saja tiga cairan itu, apa cirinya dan bagaimana hukumnya.

1. Mani
Mani adalah cairan berwarna putih yang keluar memancar dari kemaluan. Biasanya keluarnya cairan ini diiringi dengan rasa nikmat dan dibarengi dengan syahwat. Mani dapat keluar dalam keadaan sadar , yaitu karena berhubungan suami-istri, ataupun dalam keadaan tidur atau mimpi basah.
Sifat mani tidak najis. Namun jika keluar mani harus mandi besar

2. Wadi
Wadi adalah cairan putih kental yang keluar dari kemaluan seseorang setelah kencing atau melakukan pekerjaan yang melelahkan. Keluarnya air wadi dapat membatalkan wudhu. Wadi termasuk hal yang najis. Cara membersihkan wadi adalah dengan mencuci kemaluan. Apabila wadi terkena badan, maka cara membersihkannya adalah dengan dicuci.

3 Madzi
Madzi adalah air yang keluar dari kemaluan, air ini bening dan lengket. Keluarnya madzi ini disebabkan syahwat yang muncul ketika seseorang memikirkan atau hubungan seksual atau ketika pasangan suami istri bercumbu rayu. Air madzi keluar dengan tidak memancar. Terkadang air ini keluar tanpa disadari (tidak terasa).
Sifatnya najis. Keluarnya madzi membatalkan wudhu.

Ayah Bunda demikian sekilas tentang  cairan yang keluar dari kemaluan yang harus kita berikan ilmunya kepada anak kita.

Selain 3 jenis diatas, ada lagi cairan yang keluar dari kemaluan perempuan yaitu keputihan. Ulama ada perbedaan pendapat tentang hukum keputihan ini.
Untuk lebih detail silakan bertanya kepada ahlinya agar mendapatkan penjelasan dari sisi fiqhnya.

Demikian ayah bunda
Tetap semangat belajar ya
Salam parenting.