ICT CLASS (coding for kids)

Posted on

Assalamualaikum sahabat Al abidin boyolali, apa kabar? Semoga teman teman selalu dalam keadaan sehat ya …
Teman teman semua, apakah ada yg tahu tentang kelas ICT di Al Abidin ? Nah, kelas ICT adalah Kelas dengan pemanfaatan IT dalam pembelajaran, dengan fasilitas yaitu :  satu anak satu komputer. Untuk komputernya tidak untuk bergantian ya, namun dipakai personal dan komputernya bisa dibawa pulang ketika sudah lulus kelas 6. Lalu, apa yang dipelajari di kelas ICT ? Untuk dikelas ICT memfokuskan pada pembelajaran pemrograman seperti coding dan scratch, namun tetap diberikan pembelajaran mapel Nasional ( Tematik) . Lalu, apa saja manfaat dari belajar coding ? yuk kita simak bersama :

Coding merupakan salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan loh bagi anak-anak. “Loh, bukannya Coding dipelajari untuk para ahli IT dan kegiatannya sulit?”, persepsi tersebut pasti masih terbesit bagi banyak orang ya. Namun, sebenarnya apa itu Coding?

Coding atau bahasa program adalah cara untuk memberikan perintah dengan mengolah kode dengan bahasa pemrograman pada komputer, gawai (gadget) untuk melakukan sesuatu. Anak-anak dapat membuat suatu game, animasi, menggerakkan robot, dan membuat suatu aplikasi sederhana. Tentunya, Coding untuk anak jauh lebih mudah dengan prinsip mengenalkan dan membiasakan anak-anak dengan software pemrograman seperti Scratch, MIT App Inventor, Photon Robot, dll.

Perlukah anak mempelajari Coding? Tentu perlu! Supaya tidak ketinggalan di era teknologi digital ini. Dengan menguasai Coding, masa depan anak akan menjanjikan seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat. Berikut adalah manfaat belajar Coding bagi anak:

1. Computational Thinking
Melatih kemampuan berpikir anak secara terstruktur dan logis. Anak dapat belajar memahami konsep algoritma sederhana dan dapat memecahkan masalah sehingga kemampuan anak berkembang.
2. Meningkatkan Kreativitas
Dalam belajar Coding, kreativitas anak pun dapat meningkat dengan baik. Dari membuat suatu animasi, memunculkan gambar, tulisan, suara dan variasi lainnya dapat mendorong anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Kemampuan berbicara, menulis, dan lainnya pun ikut terdorong dengan cara berpikir yang kreatif.

3. Problem Solving
Anak yang mempelajari Coding pasti akan menemukan suatu masalah seperti menemukan error dalam memprogramnya. Dengan itu, secara otomatis anak terlatih mencari solusi untuk memecahkan masalah dan mengetahui cara mengantisipasi masalah yang mungkin akan terjadi dengan menuliskan kode yang tepat.
4. Softskill
Penggunaan dan pembuatan suatu teknologi sudah dilatih sejak kecil sehingga softskill terus berkembang. Anak dapat menghasilkan suatu produk buatannya sendiri seperti membuat game, animasi, dan bahkan aplikasi sederhana. Kemampuan berpikir logis serta pengalaman yang telah didapat dari belajar Coding akan selalu bermanfaat walaupun bahasa pemrograman akan berbeda di waktu mendatang. Prinsip berpikir logis inilah yang akan terus terpakai, meski bahasa pemrograman akan selalu memiliki versi terbarunya.
5. Fasih Teknologi
Anak yang memiliki skill Coding tentu memiliki daya saing yang lebih bagus di era digital yang sangat kompetitif ini. Teknologi canggih yang terus berkembang dan akrab dengan kita akan lebih fasih dipahami dengan mempelajari Coding, sehingga di masa depan Coding dapat menjadi salah satu skill wajib untuk sukses dalam karir dan pekerjaan.

Banyak sekali aspek yang sangat bermanfaat dari belajar Coding bagi anak-anak ya! Dengan belajar Coding untuk anak tentunya akan menyenangkan karena sudah disesuaikan untuk usianya. Materi Coding anak lebih sederhana dan sifatnya hiburan (membuat game, animasi). Anak dapat mengikuti pembelajaran Coding yang dapat dilakukan di SDII AL ABIDIN BOYOLALI.

Mari ajak anak-anak untuk belajar Coding dengan cara menyenangkan!

(Created by : Mrs. Denty)

 

BACA JUGA : Congratulations – The 1st and 2nd Winner of Spelling Bee 2022 https://sdict.alabidin.sch.id/congratulations-the-1st-and-2nd-winner-of-spelling-bee-2022/

BACA JUGA : Debate of the Candidates for OSIS Chairman and Coordinator https://smpi.alabidin.sch.id/3392-2/

BACA JUGA : Penampilan Tim Tari Saman dan Tim Rebana di Kreasso 2021 https://smpi.alabidin.sch.id/penampilan-tim-tari-saman-dan-tim-rebana-di-kreasso-2021/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *