Belajar Coding itu Seru dan Menyenangkan

Posted on

Hayo, siapa yang hobi main game. Emang seru sih, tapi ingat waktu ya! Ibadah dan belajarnya jangan sampai kalah. Main game buat hiburan aja, syukur bisa sambil belajar dan mengasah kemampuan.

Lebih seru lagi kalo bisa bikin game kalian sendiri. Gampang kok. Siapa bilang buat game itu susah? Kalo paham konsep dan caranya, ternyata itu mudah lho.

Nah Hari Sabtu kemarin, SMPII Al Abidin Sukoharjo menyelenggarakan workshop ICT membuat game sendiri menggunakan aplikasi Scratch.

Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom tersebut diikuti 30 peserta kelas 5 dan 6 SD/MI dari mana-mana lho. Ada yang dari Sulawesi, Bandung, Semarang, Wonogiri, Solo dan tentu saja dari Sukoharjo.

Adik-adik peserta sangat bersemangat mengikuti arahan dari tutor coding yaitu Kak Arsyad, siswa SMPI Al Abidin. Kak Arsyad itu kecil-kecil cabe rawit lho. Selain sebagai tutor sebaya, dia juga pernah kerja bareng para mahasiswa ITB dalam proyek pembuatan game edukatif. Keren gak. Kemarin juga ditunjukin game keren buatan Kak Arsyad.

Kegiatan yang dibuka mulai pukul 8.45 tersebut diawali dengan sambutan kepala sekolah, Mr. Arif. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa saat ini siswa yang duduk di bangku sekolah adalah generasi digital, dimana sejak lahir terpapar teknologi digital yang semakin berkembang pesat hingga saat ini. Maka teknologi informasi dan komunikasi adalah kemampuan yang paling dibutuhkan masa depan. Dan mau tidak mau kita harus menguasai nya jika ingin memiliki masa depan yang cerah.

Dua jam terasa sangat singkat saat mengikuti workshop yang seru dan menyenangkan ini. Bagaimana tidak, sejak awal peserta langsung diajak praktik membuat game yang dipandu langsung oleh Kak Arsyad dan Ms. Fatma. Ada yang ketinggalan ditungguin, ada yang kesulitan dituntun sampai berhasil. Dan hebatnya, adik-adik peserta bisa menyelesaikan proyek game mereka masing-masing. Itulah level awal dalam belajar coding.

Apa itu Coding? Coding adalah kegiatan menulis sekumpulan kode untuk berkomunikasi dengan komputer. Dengan kode itu, kita dapat meminta komputer untuk menjalankan suatu hal sesuai instruksinya. Misalnya, membuat game, website, menyusun aplikasi, memproses data, atau hal yang berkaitan dengan teknologi lainnya. Coding berfungsi di hampir semua perangkat berbasis teknologi. Mulai dari aplikasi di ponsel, smart TV, sistem AC di mobil, sampai dengan sistem lalu lintas di kota. 

Keren kan. Ayo ikuti workshop ICT selanjutnya. Jangan ketinggalan infonya ya. Ikuti Instagram kami @smpii_alabidin_skh dan Facebook Smpii Al Abidin Sukoharjo.

The post Belajar Coding itu Seru dan Menyenangkan appeared first on SMPII AL ABIDIN SUKOHARJO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *