Jadikan Qurbanmu Lebih Bermakna Bersama Al Abidin Boyolali

Belum lama ini kita baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri dan tidak lama lagi kita akan merayakan hari Raya Idul Adha. slot bonus new member

Dalam sejarah Islam, berkurban diawali dengan kisah Nabi Ibrahim as. dan anaknya sebagaimana yang tertuang dalam Al-Quran:  

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (Q.S. Ash Shaafaat : 102-107).

Rasulullah SAW juga pernah bersabda “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450)

Sebenarnya apasih manfaat dari berqurban?

Biar semakin semangat berqurbannya, ini nih kami beri contoh beberapa manfaat dari berqurban.

  • Menambah rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT

Dengan melakukan kurban, kita akan jauh lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Berkurban merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada Allah SWT.

  • Salah satu ciri seorang Muslim

Kewajiban berkurban bagi yang telah mampu merupakan salah satu ajaran Islam. Maka dengan berkurban, hal ini juga turut menunjukkan ke-Islaman kita. Bahkan beberapa penganut agama lain juga kagum melihat ajaran Islam yang selalu berbagi.

  • Memupuk rasa peduli sesama

Berkurban bukan hanya sekedar menyembelih hewan untuk dimakan, tapi juga tentang berbagi pada mereka yang kurang mampu sehingga mereka juga dapat merasakan nikmatnya makan daging yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah mereka rasakan.

  • Bekal di hari akhir

Berkurban akan mendapat ganjaran pahala yang besar atas pengorbanannya berbagi pada orang di sekitarnya. Dengan berkurban, kita akan mendapat bekal untuk di hari akhir nanti. Tapi hanya bagi mereka yang ikhlas berkurban karena Allah, bukan berkurban karena mengejar pujian.

  • Mendapatkan ampunan

Berkurban dapat menolong kita untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT, sebagaimana dalam sebuah riwayat “Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu” (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

  • Mensucikan harta dan jiwa

Harta kita tidak semuanya milik kita, ada sebagian merupakan hak dari mereka yang membutuhkan. Dengan berzakat dan berkurban, maka kita telah membersihkan harta kita dari yang bukan hak kita. Sekaligus mensucikan jiwa dari penyakit hati seperti pelit dan dengki.

  • Kemudahan di hari akhir

Di hari akhir, hewan kurban yang kita sembelih di dunia akan menolong kita karena ikhlasan kita dalam berkurban dahulu. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Tiada suatu amalan yang dilakukan oleh manusia pada Hari Raya Kurban, yang lebih dicintai Allah selain daripada menyembelih haiwan Kurban. Sesungguhnya hewan kurban itu pada hari kiamat kelak akan datang berserta dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya, dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima disisi Allah, maka beruntunglah kamu semua dengan (pahala) kurban itu.” (HR.Al-Tarmuzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim)

Demikian beberapa manfaat berqurban yang dikutip dari https://dalamislam.com/. Yuk semangat berqurban serta persembahkan qurban terbaik kita tahun ini. Bagi yang ingin berqurban bersama Al Abidin Boyolali, silakan bisa hubungi contact person dibawah ini.

Ms. Indah: 0856-1718-795

Mr. Arif: 0877-3633-6999

Ms. Ana: 0857-4256-8783

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontak Kami

Silahkan hubungi kami apabila pertanyaan terkait Yayasan Al Abidin Surakarta.