MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMPII Al Abidin Boyolali

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) juga dikenal juga Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa pengenalan lingkungan sekolah lazim dijumpai ditingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah swasta maupun negeri menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

SMPII Al Abidin Boyolali menyelenggarakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMPII Al Abidin Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023 dengan mengusung tema “Endless Potential” Menggali dan Mengembangkan Potensi Diri Bersama SMPII Al Abidin Boyolali. Senin – Sabtu, 11-16 Juli 2022.

Tujuan

Mengacu pada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah:

1.      Mengenali potensi diri siswa baru;

2.      Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan prasarana sekolah;

3.      Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4.      Mengebangkan interaktif positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;

5.      Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan perstauan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Secara umum, tujuan diadakannya adalah sebagai berikut:

1.      Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki.

2.      Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku didalamnya.

3.      Memperkenalkan siswa untuk dapat menyayikan lagu hymne dan mars sekolah.

4.      Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada disekolah.

5.      Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka.

6.      Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai impelementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal.

Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontak Kami

Silahkan hubungi kami apabila pertanyaan terkait Yayasan Al Abidin Surakarta.




    https://english.iainptk.ac.id/ https://pusresang.linggakab.go.id/wp-content/upgrade/server-thailand/ https://pmb.esqbs.ac.id/edurj45/sg/ https://pkmbr.bulungan.go.id/s777/ https://pkmbr.bulungan.go.id/thai/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/1075/-/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-dadu/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-hacker/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-jepang/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-habanero/ https://pkmbr.bulungan.go.id/wp-content/-/ https://pkmbr.bulungan.go.id/wp-content/languages/-/ https://slotgacorthai.id/ https://pusresang.linggakab.go.id/wp-content/fonts/s777/ https://pkmbr.bulungan.go.id/wp-content/languages/-/ https://gemoy99.com/jutsu/?slot=pulse77

    https://lightfootbranding.com/

    https://karanganyar.alabidin.sch.id/wp-content/shop/

    http://sia.unidha.ac.id/repository/dosen/riwayat/google/

    http://sia.unidha.ac.id/repository/dosen/riwayat/login/dewajasin/