P5 di SDII Al Abidin Sragen

Lentik jari kecil memegang cetok dan sabit membuka celah tanah gembur di sebuah pot. Terpaut jarak tak sampai sehasta, tampak tangan terampil lainnya dengan cekatan menancapkan bibit tanaman, serta menimbunnya kembali dengan tanah yang berserak di sekitar bibit yang telah menancap ke tanah.

Semua bekerja saling gotong royong untuk mencapai tujuan, yakni kegiatan menanam tanaman di halaman sekolah. Begitulah keceriaan dan keriangan siswa siswi kelas 1 SDII Al Abidin Sragen yang tergambar dalam menanam pohon, pada setiap Jumat pagi.

Menurut Kepala SDII Al Abidin Sragen, Khanifuddin, kegiatan itu sebagai wujud pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila. Sebagaimana di ketahui bahwa SDII Al Abidin Sragen merupakan salah satu sekolah penggerak. Oleh karena itu, diwajibkan mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik, baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi), maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Adapun jenis tanaman yang ditanam siswa siswi SDII Al Abidin Kalijambe Sragen adalah jenis sayuran, Tanaman Obat Keluarga (Toga), serta tanaman hias. Khanifuddin menambahkan, dengan menanam tanaman bersama, maka sekolah telah menanamkan karakter serta berakhlak mulia pada alam, gotong royong, kreatif, dan bernalar kritis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontak Kami

Silahkan hubungi kami apabila pertanyaan terkait Yayasan Al Abidin Surakarta.