Ayah Bunda, Yuk Edukasi Ananda Pentingnya Berderma Lewat Tabung Sedekah Subuh Keluarga!


Program Tabung Sedekah Subuh Keluarga (TSSK) merupakan salah satu program penting di LAZ Al Abidin dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurur Direktur LAZ Al Abidin, Susmono Heri Purnomo, manfaat program ini tidak saja menyentuh pada ranah landing, namun juga saat penggalangan. Sebab di situ ada bentuk pendidikan dan pembiasaan bersedekah yang sangat bagus guna mengasah kepekaan dan kedermawanan anak-anak.

Susmono menjelaskan, dengan adanya program ini, berarti setiap orang tua siswa dan anak atau anggota keluarga yang lain yang selesai melakukan sholat subuh berjamaah, ditumbuhkan kesadarannya untuk menyisihkan uang yang dimiliki pada kaleng atau tabung khusus TSSK dan dalam durasi waktu tertentu tabung tersebut dikumpulkan lewat LAZ.

Untuk menggalakkan program TSSK, memang anak tak cukup diistiqomahkan secara mandiri, namun juga harus ada dukungan orang tua guna membimbing dan memberi contoh tumbuhnya kesadaran tersebut. Jadi kerja sama semua anggota keluarga, khususnya anak dengan orang tua sangat penting dikolaborasikan.

 “Jadi, Ayah Bunda, Edukasikan Ananda untuk tumbuh kesadaran dan sikap dermawannya setiap bangun tidur dan sehabis sholat subuh, dengan demikian, ketika anak bangun tidur, ia sudah mengawali hari-harinya dengan amal kebaikan atau sedekah. Jangan lupa terangkan pula hikmah-hikmahnya!” imbaunya. Adapun manfaatnya yakni dunia dan akhirat. Bila ananda sedang tidak memiliki uang, maka anggota keluarga yang lain yang akan mengisinya, atau bila semua memiliki uang, maka semua anggota keluarga akan sangat bagus mengisi semua.

 

Hikmah

Lalu apa saja hikmah yang bisa didapat lewat sedekah? Inilah beberapa di antaranya.

Pertama, Menjaga Kesehatan Orang Tua dan Anak

Kesehatan adalah harta berharga bagi siapa saja, lepas dari usia, status, dan latar belakang. Kamu pasti ingin agar orang tercinta, seperti orang tua dan anak, selalu sehat. Sedekah Subuh adalah salah satu cara menjaga kesehatan dengan mencari berkah dari perbuatan baik.

Subuh merupakan salah satu waktu utama untuk bersedekah karena adanya balasan berkali-kali lipat. Al-Baqarah ayat 261 menyebut bahwa Allah mengembalikan karunia sedekah dengan berlipat ganda, bagaikan sebutir benih yang menumbuhkan tanaman dengan tujuh bulir, dan masing-masing bulir mengandung 100 biji. Salah satunya bisa berupa anugerah kesehatan bagimu serta orang tercinta.

Kedua, Membangun Masa Depan Anak dengan Harta yang Baik

Orang tua membutuhkan harta untuk membesarkan anak dan memberi mereka masa depan baik. Akan tetapi, pastikan harta tersebut bersih dan memberi berkah setiap kali digunakan. Selain memastikan harta tersebut halal, Sedekah Subuh bisa menjadi cara memberkahi harta agar memberi kebaikan bagi masa depan anak.

Salah satu hikmah Sedekah Subuh adalah hadirnya dua malaikat yang mendoakan harta pemberinya. Menurut Hadis Riwayat Bukhari, doa malaikat tersebut termasuk menambah rezeki bagi orang yang menyedekahkan hartanya. Hal ini tentu membawa kebaikan bagi harta yang kamu siapkan untuk masa depan anak.

Ketiga, Mengajarkan Amalan Baik pada Anak

Hikmah Sedekah Subuh bukan hanya soal rezeki dan limpahan rahmat, tetapi juga ajaran amal baik. Orang tua yang rajin menyisihkan uang atau berbuat baik demi keperluan sedekah bisa memberi contoh baik bagi anak. Hal ini karena anak mulai belajar dengan cara meniru perilaku orang di sekitarnya. Ketika si kecil melihatmu mengupayakan sedekah, mereka akan lebih mudah menirunya.

Keempat, Mengajarkan Ilmu Manajemen Uang

Sedekah adalah kegiatan menyisihkan harta pribadi secara sengaja untuk diberikan pada mereka yang berhak menerimanya. Hal ini membutuhkan manajemen keuangan agar ada keseimbangan dalam alokasi uang, misalnya antara belanja bulanan, pembayaran tagihan, kebutuhan pribadi, dan sedekah serta amalan lainnya. Orang tua bisa menggunakan Sedekah Subuh sebagai sarana mengajarkan manajemen uang pada anak.

Kelima, Memberi Keberkahan pada Keluarga

Selain memberi bantuan pada yang berhak menerimanya, Sedekah Subuh juga membawa berbagai keberkahan pada si pemberi. Contohnya antara lain mengabulkan permintaan, membawa pertolongan saat kesulitan, memudahkan urusan, hingga menjaga kesehatan. Hal ini tentu berdampak baik pada seluruh keluarga. Sedekah yang kamu lakukan dengan tulus membawa keberkahan pada orang-orang terdekat. (har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kontak Kami

Silahkan hubungi kami apabila pertanyaan terkait Yayasan Al Abidin Surakarta.




    https://english.iainptk.ac.id/ https://pusresang.linggakab.go.id/wp-content/upgrade/server-thailand/ https://pmb.esqbs.ac.id/edurj45/sg/ https://pkmbr.bulungan.go.id/s777/ https://pkmbr.bulungan.go.id/thai/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/1075/-/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-dadu/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-hacker/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-jepang/ https://pmb.esqbs.ac.id/medias/slot-habanero/ https://pkmbr.bulungan.go.id/wp-content/-/ https://pkmbr.bulungan.go.id/wp-content/languages/-/ https://slotgacorthai.id/ https://pusresang.linggakab.go.id/wp-content/fonts/s777/ https://pkmbr.bulungan.go.id/wp-content/languages/-/ http://sia.unidha.ac.id/repository/dosen/riwayat/google/

    https://lightfootbranding.com/

    https://karanganyar.alabidin.sch.id/wp-content/shop/

    http://sia.unidha.ac.id/repository/dosen/riwayat/google/

    http://sia.unidha.ac.id/repository/dosen/riwayat/login/dewajasin/